Tiga Jalur Penerbit Buku Yang Bisa Anda Coba

Tiga Jalur Penerbit Buku Yang Bisa Anda Coba

Tiga Jalur Penerbit Buku Yang Bisa Anda Coba

Jika ingin segera menerbitkan buku yang Anda miliki ada beberapa cara yang bisa Anda lalui. Dengan menerbitkan buku hasil tulisan Anda, Anda akan mendapatkan passive income dari tulisan yang anda terbitkan. Seorang penulis akan mendapatkan hasil dari royalty hasil dari buku yang sudah diterbitkan. Hasil yang didapatkan pun bisa saja menjadi penghasilan yang begitu besar jika buku diterbitkan kemudian mendapatkan banyak penjualan. Jika Anda sedang mencari-cari penerbit ataupun cara untuk menerbitkan buku Anda sendiri, maka berikut ini ada tiga jalur penerbitan yang bisa Anda pilih untuk menerbitkan karya buku Anda.

Penerbit

Jalur penerbitan pertama yang lazim untuk digunakan oleh seorang penulis untuk menerbitkan buku tentu melalu penerbit mayor. Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh banyak penulis karena memang melalui jalur inilah yang dianggap lebih berkelas dan banyak yang beranggapan jika akan lebih gampang dikenal oleh masyarakat luas cara menerbitkan buku sendiri. Padahal padangan ini sedikit salah sebab kwalitas dari sebuah buku akan terlihat dari siapa yang menulis dan bagaimana isinya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali penerbit mayor yang menerima penerbitan bagi penulis-penulis baru misalnya saja Gramedia, Agromedia, Gagasmedia dan sebagainya.

Vanity Publisher

Selain melalui penerbit mayor, seorang penulis juga bisa menerbitkan bukunya melalui vanity publisher. Vanity publisher sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan jasa penerbitan. Hanya saja yang menjadi perbedaan antara vanity publisher dan penerbit mayor adalah jika di penerbit mayor tidak membutuhkan uang atau modal maka di vanity publisher Anda harus merogoh kocek anda sendiri untuk menerbitkan buku Anda. Vanity publisher hanya akan menyediakan layanan seperti editing naskah, editing layout, proses cetak, pengurusan ISBN, dan juga produksi. Untuk tariff atau modal yang dibutuhkan tentu akan berbeda dan beragam tergantung dari vanity publishernya dan jumlah buku yang akan dibuat.

Self Publishing

Jika kedua jalur diatas menggunakan perantara pihak ketiga maka beda halnya dengan penerbitan self publishing ini. Sesuai dengan namanya yang akan menjadi penerbit disini adalah diri Anda sendiri. Sehingga, selain menjadi seorang penulis anda juga akan menjadi penerbit untuk menerbitkan buku Anda. Tentu saja dengan merangkapnya tanggung jawab yang Anda miliki yaitu sebagai penulis dan penerbit, maka tugas-tugas dari penerbit pun juga Anda yang akan menjalankannya. Tugas penerbit yang harus anda lakukan antara lain seperti distribusi, promosi dan bahkan hingga produksi tentu menjadi tanggung jawab Anda. Hanya saja untuk self publishing tentu anda akan menikmati sendiri hasil dari penjualan buku yang anda terbitkan.

Dari ketiga jalur tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun, jika Anda menginginkan penerbitan buku yang praktis maka anda bisa memilih penerbit mayor ataupun vanity publisher.

 

This entry was posted in Bisnis.