Kelebihan dan Kekurangan Meja Makan Kayu

Rumah akan terasa sangat nyaman jika terdapat furniture yang lebngkap, tidak hanya itu saja, selain rumah tempat lain juga butuh barang furniture seperti masjid yang membutuhkan mimbar masjid, ruang rapat butuh meja rapat dan ruangan penting lainnya. begitupun dengan ruang makan sangatlah membutuhkan yang namanya meja makan. Meja makan adalah tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk makan bersama. Selain itu, bisa juga dijadikan tempat nongkrong untuk sekedar bercengkrama. Dari sekian banyak pilihan, sebagian besar orang memilih meja makan yang terbuat dari kayu.

Apakah Anda juga tertarik ingin memiliki meja makan kayu? Tidak boleh tergesa-gesa, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu apa saja kelemahan dan kelebihan meja kayu. Berikut pembahasan lengkapnya.

Keunggulan dan Kekurangan Meja Makan Kayu

Kelebihan:

 

  • Tahan Lama

Siapa bilang meja makan kayu tidak mampu bertahan untuk penggunaan jangka panjang? Buktinya, jenis kayu maghony, oak dan jati bisa bertahan selama berpuluh-puluh tahun. Untuk alasan inilah mengapa masih banyak masyarakat yang memilih meja makan kayu dibandingkan material lain seperti stainless steel dan besi.

  • Materialnya Kuat

Dari segi kekokohannya, material kayu memang tidak perlu diragukan lagi. Furniture yang terbuat dari kayu dikenal memiliki kekuatan yang bagus. Namun pastikan furniture tersebut berbahan dasar kayu murni, bukannya MDF atau kayu campuran.

  • Materialnya Aman

Kayu adalah salah satu material yang aman digunakan untuk pembuatan furniture, termasuk meja makan. Kayu jati mempunyai keunggulan dari ketahanannya terhadap rayap. Lebih dari itu, kayu juga tahan terhadap bahan kimia dan listrik.

Sehingga, memberikan rasa aman kepada seluruh anggota keluarga.

  • Lebih Elegan

Bagi Anda yang begitu peduli dengan desain interior, memilih meja makan kayu adalah pilihan bagus. Pasalnya, salah satu keunggulan meja kayu adalah desainnya yang terlihat begitu elegan.

Tekstur dari kayu membuatnya terlihat semakin artistik dengan hiasa berupa pola-pola unik.

Kekurangan:

 

  • Mudah Tergores

Tidak semua kayu memiliki tingkat kekokohan yang bagus. Ada beberapa jenis kayu yang bersifat lunak dan biasa dibanderol dengan harga murah. Inilah alasan mengapa banyak meja makan kayu pilihan sebagian orang mudah tergores.

  • Cacat Bawaan

Cacat bawaan ini tidak bisa dihindari, karena memang ada sebagian kayu yang memiliki mata atau kayu pecah-pecah.

 

  • Mudah Rusak di Tempat Lembab

Tempat dengan tingkat kelembapan tinggi tidak cocok untuk furniture berbahan kayu.Sebab, kayu tergolong sebagai material yang mudah menyerap air. Jika terus menerus berada di tempat lembab dan menyerap air, maka meja makan kayu mudah rusak atau melenkung.

Demikianlah ulasan singkat mengenai keunggulan dan kekurangan meja makan kayu, semoga bisa memberi manfaat.

This entry was posted in Rumah.

Belajar Dari Kesalahan Di Rumah Lama Bagian 2

Dominasi Hijau

Di rumah yang lama, Yoshi menggunakan warna-warna yang “aman”. Di rumah barunya ini, ia tak menerapkannya lagi. Warna hijau terlihat mendominasi tatanan rumah Yoshi. Walaupun diakuinya ini bukan warna favoritnya—ia memilihnya hanya karena warnanya menarik—warna hijau membuat hunian mungil ini jadi tampak segar.

Ruang dapur dan ruang makan pun dibuat dalam balutan warna hijau. Khusus untuk ruang makan, Yoshi punya cerita tersendiri. Ruang makan ini memang berbeda dengan ruang makan kebanyakan yang terdiri dari sebuah meja dan empat kursi. Ruang makan ini dibuat ala kafé, dengan bangku panjang di salah satu sisinya. Ide ruang makan ala kafe ini awalnya datang dari sang desainer, setelah tentunya disempurnakan oleh masukan dari pemilik rumah. “Ini saya cerewet juga. Saya minta ada motif berlian di kursinya.

Lalu minta Pak Fadli bikin beberapa kombinasi paduan dari warna-warna itu (hijau, merah, abu-abu). Akhirnya kepilih yang ini,” cerita Yoshi. Ia kemudian menambahkan, “Tapi jadinya puas banget. Beda dengan biasanya. Jauh beda dengan rumah yang lama.” Yoshi mengakui, dengan penataan yang didesain sejak awal, rumah barunya ini jauh lebih nyaman dan lebih enak dipandang ketimbang rumah lamanya. Ya, belajar dari pengalaman adalah hal yang tepat.

This entry was posted in Rumah.

Belajar Dari Kesalahan Di Rumah Lama

Banyak menemukan ketidaknyamanan di rumah lamanya, pasangan ini mendesain rumah barunya dengan sangat seksama. Kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Ini juga yang berlaku pada pasangan Soelistyo (41) dan Yoshida (42) ketika mendandani rumah mereka yang berada di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan ini. Beberapa pengalaman yang mereka dapatkan di rumahnya yang dulu membuat mereka lebih punya pegangan ketika membuat interior rumah baru mereka. Dibantu oleh sang desainer, Fadli Sirajuddin dari A+Plan, Yoshi—begitu Yoshida biasa dipanggil—secara bertahap mengisi rumah barunya ini. Tahap pertama dilakukan di lantai dua rumahnya, yang terdiri dari ruang tidur. Beberapa bulan setelah interior ruang tidur dibuat, Yoshi meminta Fadli kembali mendesain lantai bawah rumahnya. “Yang penting bisa tidur dulu, kan enggak enak rumah baru kalau enggak bisa tidur. Makanya saya minta dibuat dulu kamar tidurnya. Habis itu baru deh yang lainlainnya,” tutur ibu dari dua anak yang masih tampak muda ini.

Tak Mau Mirip Rumah Lama

Di rumahnya yang lama, Yoshi memiliki banyak furnitur yang tak sesuai satu dengan lainnya. Itu sebabnya, di rumahnya yang baru ini, Yoshi meminta Fadli tak memasukkan banyak furnitur. “Dulu kan beli barangnya satu-satu, jadi enggak nyambung dan banyak (furnitur) gitu. Makanya sekarang saya dari awal langsung dirancang maunya apa, biar enggak kayak dulu lagi,” ucap Yoshi, mengemukakan alasan mengapa ia akhirnya menggunakan jasa desainer untuk mendandani rumahnya.

Agar tak salah, ketika membeli barang interior pelengkap, Yoshi tetap meminta pendapat pada Fadli. Bahkan, menurut cerita Yoshi, ketika membeli vas bunga pun ia mengirimkan gambar kepada Fadli. “Cerewet sih aku, tapi daripada salah, kan ya?” tuturnya sambil tertawa. Rumah lama diakui Yoshi memang membuatnya memetik beberapa hal yang tak mau diulanginya lagi di rumah barunya ini. Selain furnitur tadi, juga penggunaan terali. Di rumah lamanya, seluruh jendela ditutup dengan terali. Tak mau begitu lagi, ia meniadakan penggunaan besi pengaman ini di seluruh rumahnya, apalagi kini rumahnya terletak di kluster yang pengamanannya cukup baik.

Agar kenyamanan rumah tetap terjaga, perlu adanya sebuah genset untuk listrik cadangan. Harga genset murah bisa didapatkan melalui Distributor Jual Genset Bali yang memberikan garansi resmi serta harga diskon.

This entry was posted in Rumah.

Mempercantik Ruangan dengan Memaksimalkan Sudut Ruang

Mempercantik Ruangan dengan Memaksimalkan Sudut Ruang

Di bagian kamar atau rungan lainnya tentu sangat sulit untuk memkasimalkan keberdaanya bukan? Sehingga sudut ruangan acap kali dibiarkan kosong begitu saja. Nahh untuk sesuatu yang berbeda di kamar maupun ruang tamu dan ruang keluarga anda sebenarnya masih bisa kita maksimalkan lagi kok fungsinya dan justru akan mempercantik ruangan yang ada. Bagiamana caranya? Mari simak pembahsan kami mengenai pemanfaatan pojok atau sudut ruangan agar lebih maksimal.

  • Tempat gantungan baju

Merupakan hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan sudut ruang khusunya di kamar. Pada pojok atau sudut ruangan ini bisa anda berikan modifikasi sedikit yang nantinya bisa anda gunakan untuk meletakkan baju atau menggantung baju.

  • Menempatkan tanaman hias

Untuk sudut ruang tamu atau ruang keluarga, anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan pot besar beserta tanaman hias di sana. Selain untuk memaksimalkan ruangan, kehadiran pot beserta tanaman hias di sana juga mampu untuk memberikan kesan sejuk dan memepercantik ruang tamu anda.

  • Rak buku minimalis

Dengan menggunakan rak buku melayang ataupun simetris, kini sudut ruangan anda sudah anda sulap menjadi tempat untuk menyimpan koleksi buku bacaan sekaligus tempat yang sangat mengasyikkan bagi orang yang sangat menggemari membaca. Selain untuk meletakkan buku, anda juga bisa memajang foto atau ornamen-ornamen hiasan lainnya di rak ini.

  • Lemari sudut

nahh untuk yang terakhir, anda bisa menggunakan lemari sudut sebagai alternatif dalam pemanfaatan sudut kosong di rumah anda. Lemari sudut yang kini tersedia dengan beragram desain dan model, kini bisa anda pilih sesuai dengan fungsi yang anda ingin dapatkan. Misalnya untuk lemari pajangan, anda bisa menggunakan lemari sudut ukir jati dengan cermin transparan. Atau lemari sudut minimalis segitiga untuk meletakkan vas-vas kecil berisi tanaman hias. Selain itu, dengan mernggunakan lemari sudut minimalis, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai rak minimalis untuk meletakkan buku dan majalah agar lebih tertata rapi.

Bagaimana? Jadi, anda pilih menggunakan solusi yang mana nih? apapun yang anda pilih, semoga sedikit saran dari kami bisa membantu anda mengatasi kegalauan saat melihat pojok ruangan yang kosong. Selamat mencoba…

This entry was posted in Rumah.

Perlu Dijaga Keawetan Dan Kesegarannya Bagian 2

Contoh peralatan dapur yang mungkin tidak dipakai setiap hari adalah peralatan untuk memasak kue, seperti mixer, loyang, dan cetakancetakan kue. Jika Anda tidak membuat kue setiap hari, Anda bisa menyimpan microwave di lemari sehingga tidak memenuhi dapur Anda. Hal ini akan membuat dapur terlihat lapang dan luas.

Tempatkan perabot sesuai frekuensi penggunaan. Yang jarang digunakan, diletakkan di bagian atas. Simpan sesuai ukuran, barang kategori S (small) di laci atas, M (medium) pada laci tengah, dan L (large) di laci bawah. Anda juga dapat meletakkan perabot sesuai dengan fungsinya. Misalnya, letakkan panci di kabinet paling atas atau letakkan centong di kabinet di bawah kompor. Dengan begini, Anda dapat mengingatnya dengan mudah saat akan menggunakan.

Ada begitu banyak ragam bumbu yang terdapat di Indonesia. Jika kemampuan mengenali bumbu Anda terbatas, memberi label pada setiap toples bumbu adalah cara cerdas untuk mengenali bumbu dapur Anda. Masak pun menjadi cepat dan mudah saat menyiapkan hidangan favorit Anda dan keluarga.

Hemat ruang kosong pada kabinet dengan menggantung peralatan masak. Cara ini, selain menghemat tempat, juga bisa mempermudah Anda saat ingin mengambil dan mengembalikan peralatan memasak.

Agar Makanan Awet

Menurut Fredi Indra, arsitek Studio Renarendra, untuk bahan makanan dan sembako, pembuatan storage harus “kedap” serangan kutu, serangga bahkan tikus. Jadi, hindari celah yang terlalu lebar dan mudah dijangkau hewan pengerat. Atur celah udara pada storage bahan makanan. Tujuannya agar tempat simpan tak lembab , tidak bau dan membuat bahan makan tidak berjamur. Untuk sembako, seperti beras, minyak, dan bahan makanan mentah lainnya dapat Anda letakkan di satu kabinet tersendiri.

Menjaga kebersihan dapur sangat penting sekali agar setiap memasak semua tempat dan perangkat bersih dan hyginies. Disamping itu juga menjaga kenyamanan rumah tentu tak kalah penting. Agar kenyamanan rumah tetap terjaga penting untuk menambahkan sebuah genset di rumah. Harga genset murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset open 150 kva Surabaya.

This entry was posted in Rumah.

Perlu Dijaga Keawetan Dan Kesegarannya

Aktivitas memasak jadi lebih cepat dan nikmat berkat pengorganisasian peralatan dapur yang tepat. Ketika memasak menjadi aktivitas rutin setiap harinya maka Anda pun mendambakan kondisi dapur yang tertata rapi, bukan? Namun, dapur yang rapi bisa saja hanya menjadi impian belaka ketika area penyimpanan yang ada relatif sempit dan organisasinya cukup buruk, sementara benda– benda yang harus ditampung dalam tempat penyimpanan tersebut sangat banyak.

Alhasil, banyak benda diletakkan begitu saja di sudut– sudut dapur dan meninggalkan pemandangan yang tak sedap. Untuk menghindari kondisi dapur berantakan dengan barangbarang yang tidak diperlukan, sebaiknya tata barang-barang yang dipakai setiap hari dan yang jarang digunakan di dalam ruang penyimpanan yang terpisah. Menurut Enira Arvanda, Anda harus tahu seberapa sering aktivitas memasak. Bila sering, apa sih yang Anda perlukan saat di dapur?

Nah, barangbarang tersebutlah yang harus diletakkan paling dekat dengan Anda untuk efesiensi waktu Anda berada di dapur. “Jadi waktu di dapur tidak habis untuk sekadar mencari barang-barang keperluan memasak,” ujar Enira. Dengan pengorganisasian yang baik, dapur pun terlihat rapi dan aktivitas memasak menjadi lebih bergairah. Lantas, bagaimana cara mengorganisasikan peralatan dapur di dalam penyimpanan? Simak ulasan berikut ini!

Sebaiknya bumbubumbu diletakkan khusus di lemari bumbu. Selain mempermudah, bumbu yang disatukan dengan bahan lain cenderung menimbulkan bau. Bau tersebut akan menempel bila tidak ada sekat. Tempatkan juga bumbu di tempat yang kering, jangan yang lembap.

Anda dapat menyimpan sendok dan garpu di tempat yang sama. Hal ini selain membuat tempat penyimpanan menjadi rapi, juga akan memudahkan dan mempersingkat waktu dalam mencari barang tersebut. Piring dan sendok yang digunakan sehari-hari dapat Anda letakkan di dalam rak penyimpanan di dekat meja makan, sedangkan cangkir yang jarang digunakan bisa Anda letakkan di lemari tertutup di kabinet atas. Gelas-gelas bisa Anda letakkan di dapur bersih. Lemari piring sebaiknya tertutup sebab rentan berdebu dan dijangkau serangga.

Selain menjaga keawetan perangkat dapur, menjaga kenyamanan rumah juga perlu diperhatikan. agar rumah tetap nyaman disaat listrik sedang padam, perlu adanya sebuah genset. Jika ingin mendapatkan genset dengan harga yang murah bisa membelinya melalui Distributor genset open 100 Kva Jakarta.

This entry was posted in Rumah.